Sitepu, jianta Yosa (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 6123311042 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. 6123311042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
3. 6123311042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. 6123311042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. 6123311042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. 6123311042 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. 6123311042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. 6123311042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. 6123311042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. 6123311042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. 6123311042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar teknik passing kaki bagian dalam pada permainan sepak bola melalui Cooperative Learning pada siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa/siswi kelas VIII-3 yang berjumlah sebanyak 36 siswa yang akan diberikan tindakan melalui metode Cooperative Learning terhadap proses belajar passing kaki bagian dalam pada permainan sepak bola. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).
Hasil analisis data yang terkumpul menunjukkan : Nilai siswa pada tes hasil belajar siklus I diperoleh 27 orang siswa dengan nilai setelah dikonverensikan sebesar (75%) telah mencapai tingkat ketuntaan belajar, sedangkan 9 orang siswa (25%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonversikan adalah 77,19. Dari tes hasil siklus II diperoleh data sebanyak 33 orang siswa dengan nilai setelah dikonverensikan sebesar (91,7%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 3 orang siswa (8,3%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 84,69. Maka kenaikan nilai klasikal ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 16,7% dengan kenaikan nilai rata-rata mencapai 7,5.
Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa penerapan metode Cooperative Learning dapat meningkatkan proses hasil teknik passing kaki bagian dalam permainan sepak bola pada siswa/siswi kelas VIII-3 SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 047 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Hasil belajar, Sepak Bola |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 02:22 |
Last Modified: | 20 Apr 2017 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24140 |