PERAN MATA PELAJARAN PKN DALAM MEMBENTUK MORAL SISWA ( STUDI ANALISIS TERHADAP SISWA SMP NEGERI 1 TANJUNG BERINGIN TAHUN PELAJARAN 2016/2017)

Tarigan, Eidi Suranta (2017) PERAN MATA PELAJARAN PKN DALAM MEMBENTUK MORAL SISWA ( STUDI ANALISIS TERHADAP SISWA SMP NEGERI 1 TANJUNG BERINGIN TAHUN PELAJARAN 2016/2017). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3123111015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3123111015 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3123111015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3123111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3123111015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3123111015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3123111015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3123111015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3123111015 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3123111015 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3123111015 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3123111015 TABLES.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3123111015 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3123111015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3123111015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3123111015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 3123111015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 3123111015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 3123111015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 3123111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran mata pelajaran PKn dalam membentuk moral siswa (Studi Analisis terhadap siswa SMP Negeri 1 Tanjung Beringin Tahun Pelajaran 2016/2017).Adapun metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya dan berdasarkan penelitian dilapangan. Lokasi penelitian dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 1 Tanjung Beringin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tanjung Beringin yang berjumlah 196 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditetapkan secara acak sederhana (Random Sampling) sebanyak 20% dari 196 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tanjung Beringin berjumlah 40 siswa. Alat pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi dan penyebaran angket untuk mengetahui peran mata pelajaran PKn dalam membentuk moral siswa.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan observasi dan penyebaran angket. Untuk menganalisis data yang terkumpul penulis menggunakan tabel frekuensi (statistik sederhana).
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa moralitas siswa sudah cukup baik, perilaku moral seperti saling menghargai dan menghormati perbedaan, jujur, berperilaku sopan, peduli terhadap sesama, disiplin serta cinta tanah air sudah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari khususnya di lingkungan sekolah sudah menunjukkan perilaku yang sesuai dengan ajaran nilai dan norma seperti yang diajarkan pada mata pelajaran PKn. Dari hasil perhitungan tabel frekuensi dapat disimpulkan bahwa peran mata pelajaran PKn dalam membentuk moral siswa tergolong baik di SMP Negeri 1 Tanjung Beringin dengan persentase 76.75 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PKN 013
Keywords: peran, mata pelajaran PKn dan moral
Subjects: J Political Science > JS Local government. Municipal government
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Apr 2017 07:32
Last Modified: 19 Apr 2017 07:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24128

Actions (login required)

View Item
View Item