Sriadhi (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MODEL ACTIVITY CENTERED TUTORIAL DAN EXPLORATORY TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG ELEKTRONIKA INDUSTRI. In: Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII 2016, 12-15 Oct 2016, Jakarta.
Reviewer.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Studi ini mengkaji tentang pengaruh pembelajaran berbasis multimedia yaitu Activity Centered Tutorial (ACT) dan Exploratory Tutorial (ET) sebagai upaya meningkatkan kompetensi hasil belajar bidang Elektronika Industri, berdasarkan tingkat kemampuan kognitif mahasiswa yaitu kognitif tinggi (KT) dan kognitif rendah (KR). Penelitian merupakan kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group menggunakan 108 responden, 56 untuk ACT dan 52 untuk ET. Penelitian menggunakan disain faktorial 2 x 2, dianalisis menggunakan One-way ANCOVA dengan mengontrol skor pre-test. Hasil penelitian menyatakan tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran multimedia model ACT dengan model ET, tetapi jika dianalisis berdasarkan kemampuan kognitif mahasiswa, kelompok KT lebih tinggi capaian belajarnya dibanding kelompok KR baik pada pembelajaran ACT maupun ET. Bagi kelompok KT, pembelajaran dengan multimedia ACT dan ET
menghasilkan capaian belajar yang tidak berbeda, tetapi bagi kelompok KR capaian belajar dengan multimedia ACT lebih tinggi dibandingkan model ET. Hasil penelitian memberi kontribusi untuk mengatasi masalah rendahnya hasil belajar melalui pembelajaran berbasis multimedia, khususnya dalam bidang elektronika industri.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Multimedia; Kemampuan kognitif; Hasil belajar; Activity centered tutorial; Exploratory tutorial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 02:43 |
Last Modified: | 10 Jul 2017 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24086 |