Manalu, David H. (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123111011 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM. 5123111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
3. NIM. 5123111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM. 5123111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
5. NIM. 5123111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 5123111011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 5123111011 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. NIM. 5123111011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5123111011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
13. NIM. 5123111011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
14. NIM. 5123111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya hasil belajar MDPL. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak pada pokok bahasan Perintah dasar gambar dua dimensi pada siklus 1 dan Gambar dua dimensi menggunakan AutoCAD pada siklus 2, dengan menggunakan metode pembelajaran drill. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 di kelas XI TGB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar praktek yang menggunakan lembar kerja siswa (job sheet). Dalam penilaian yang dilakukan oleh pengamat (observer) melalui kriteria penilaian yang digunakan saat pelaksanaan metode pembelajaran drill ini. Berdasarkan hasil evaluasi proses untuk setiap siklus pembelajaran, pada siklus I diperoleh hasil belajar peserta didik yang lulus sebanyak 21 orang dengan persentase 70,00% dengan nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik yaitu 78,00 dan hasil belajar peserta didik yang tidak lulus sebanyak 9 orang dengan persentase 30,00% meningkat menjadi 30 orang peserta didik yang lulus dengan persentase 100% dengan nilai rata-rata yang diperoleh peserta 82,90 pada siklus II. Disimpulkan bahwa metode pembelajaran drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak pada siswa kelas XI program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2016-2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 026 |
Keywords: | Metode pembelajaran drill; Hasil belajar; Menggambar dengan perangkat lunak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 02:28 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24081 |