Ginting., Maeninta (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEMAKE A MATCHTERHADAP HASIL BELAJAR MAKNA DAN JENIS LAGU DAERAH SISWAKELAS VIIISMP NEGERI 34 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123140043 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 2123140043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
3. NIM. 2123140043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM. 2123140043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 2123140043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 2123140043 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2123140043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM. 2123140043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
12. NIM. 2123140043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
13. NIM. 2123140043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini siswa kurang berminat dalam pembelajaran Lagu daerah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Medan. Peneliti membaharui model dalam pembelajaran seni musik kelas VIII SMP Negeri 34 Medan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match, yang dimana model ini dirancang untuk meningkatkan keaktifan siswa secara individu maupun kelompok, dapat membangun kebersamaan antarsiswa dan dapat menjadikan pembelajaran yang menarik.
Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, model konvensional, hasil belajar, dan Lagu daerah beserta hipotesis.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design dengan desain Penelitian eksperimen ini menggunakan jenis Pretest-Psottest Kontrol Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan dengan mengundi kelas dengan cara menulis nama-nama kelas di selebaran kertas dan digulung, kemudian gulungan kertas tersebut di undi dan di ambil 2 kertas yang akan menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Kelas VIII/5 SMP Negeri 34 Medan sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Make A Match berjumlah 34 siswa dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru kelas VIII/2 SMP Negeri 34 Medan yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda berjumlah 30 dan 20 butir soal yang telah dinyatakan valid untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yang telah diujikan di SMP Negeri 10 Medan.
Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional (langsung). Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 82,5 dan kelas kontrol 70,9. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh thitung > ttabel maka Ha diterima, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 16,36% pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada materi makna dan jenis lagu daerah siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2017 MUS 006 |
Keywords: | model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, konvensional,Lagu Daerah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 02:03 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24074 |