Sinaga, Ruth Menak (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR ARANSEMEN LAGU NUSANTARA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123140066 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 2123140066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
3. NIM. 2123140066 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM. 2123140066 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 2123140066 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 2123140066 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 2123140066 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 2123140066 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
10. NIM. 2123140066 CHAP TER I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
14. NIM. 2123140066 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
15. NIM. 2123140066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar aransemen lagu nusantara siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Medan.
Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan model pembelajaran Kooperatif Tipe,model pembelajaran Kooperatif TipeSnowball Throwing, model konvensional, hasil belajar, dan aransemen lagu nusantara beserta hipotesis
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design dengan desain Pretest Posttest - Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara porposive sample dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan kelas VIII2sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda berjumlah 30 dan 20 butir soal yang telah dinyatakan valid untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yang telah diujikan di SMP Negeri 34 Medan.
Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaranKooperatif Tipe Snowball Throwing dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional (langsung). Sebelum pembelajaran diberikan, diperoleh pretest nilai rata-rata kelas eksperimen 68,06 dan kelas kontrol 54,1 sedangkan setelah pembelajaran selesai diberikan diperoleh nilai postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 85,83dan kelas kontrol 83,18.Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh thitung> ttabel maka Ha diterima, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada3,14%pengaruhmodel pembelajaran Kooperatif TipeSnowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada materi lagu nusanatara siswa kelas VIII SMPNegeri 10 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MUS 011 |
Keywords: | model pembelajaran Kooperatif TipeSnowball Throwing, konvensional, Aransemen Lagu Nusanatara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT70 Instrumentation and orchestration |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 02:30 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24071 |