Waty, Sity Winna (2017) ANALISIS KEMAMPUAN MENGGAMBAR MOTIF BATIK PARANG SISWA KELAS XII TATA BUSANA SMK NEGERI 1 KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123341034 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 5123341034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3. NIM. 5123341034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 5123341034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 5123341034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 5123341034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM. 5123341034 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 5123341034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 5123341034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. NIM. 5123341034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 5123341034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Kecenderungan Kemampuan Menggambar Motif Batik Parang Siswa Kelas XII Tata Busana SMK Negeri 1 Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang, dimana siswa diharapkan mampu menggambar motif batik parang. Menggambar motif batik parang yang akan diteliti yaitu gambar motif batik parang rusak dengan teknik sulaman fantasi pada rok dan mewarnai rok dengan warna analogus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu suatu teknik pengumpulan data berupa angka atau nilai untuk mengetahui Kemampuan Menggambar Motif Batik Parang Siswa Kelas XII Tata Busana SMK Negeri 1 Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan Tata Busana SMK Negeri 1 Beringin yang terdiri dari 1 kelas berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling yaitu berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil uji kesepakatan pengamat diperoleh Fhit = 0,067146 dan Ftab = 6,39 pada taraf signifikan 5% dan dk = 4 : 4. Sehingga diketahui Fhit < Ftab (0,067146 < 6,39). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari 5 observer (pengamat) atau dapat diartikan bahwa butir-butir komponen tentang analisis kemampuan menggambar motif batik parang rusak dapat digunakan untuk menjaring data penelitian. Berdasarkan data hasil menggambar motif batik parang rusak, diperoleh skor rata-rata 66,28 dan standar deviasi 34,50 dengan skor tertinggi 76 dan skor terendah 53. Sehingga tingkat kecenderungan menggambar motif batik parang rusak adalah cenderung tinggi sebesar 100 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BUS 016 |
Keywords: | Kemampuan menggambar motif batik parang rusak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Apr 2017 08:39 |
Last Modified: | 18 Apr 2017 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24063 |