Tanjung, Salsabila Hasiana (2017) PENGARUH MEDIA ADAPTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI TK SALSA TA. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 1131113020 SALSABILA HASIANA TANJUNG - 01 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
NIM 1131113020 SALSABILA HASIANA TANJUNG - 02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
NIM 1131113020 SALSABILA HASIANA TANJUNG - 03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
NIM 1131113020 SALSABILA HASIANA TANJUNG - 04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM 1131113020 SALSABILA HASIANA TANJUNG - 05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM 1131113020 SALSABILA HASIANA TANJUNG - 06 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM 1131113020 SALSABILA HASIANA TANJUNG - 07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
NIM 1131113020 SALSABILA HASIANA TANJUNG - 08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM 1131113020 SALSABILA HASIANA TANJUNG - 09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
NIM 1131113020 SALSABILA HASIANA TANJUNG - 13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
NIM 1131113020 SALSABILA HASIANA TANJUNG - 14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan dilatar belakangi oleh terdapat anak yang kemampuan berbicaranya belum mampu menjelaskan suatu objek secara detail dan dengan percaya diri dalam menjelaskannya, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media adaptif terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun yang dilakukan di TK SALSA T.A 2016/2017. Penelitian ini menggunakan kelas B sebagai kelas penelitian. Kelas B1 sebagai kelas kontrol dan Kelas B2 sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian yang dilakukan berupa penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen research) dengan bentuk postest-only control design. Dikatakan sebagai eksperimen semu karena tidak dapat berfungsi seutuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen yakni 3.61 dan kelas kontrol bernilai 2.45 dengan beda 1.16 pada nilai rata-rata, sehingga kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 610 > 1.68 pada taraf α=0.05. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media adaptif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di TK SALSA T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 003 |
Keywords: | Kemampuan berbicara anak; Media adaptif; Media produksi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Apr 2017 07:18 |
Last Modified: | 18 Apr 2017 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24050 |