Adriana, Vina (2017) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI R.A IBUNDA JL. BRIGJEN KATAMSO GG. JERUK MEDAN. T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 1131113023 VINA ADRIANA - 01 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
NIM 1131113023 VINA ADRIANA - 02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
NIM 1131113023 VINA ADRIANA - 03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
NIM 1131113023 VINA ADRIANA - 04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
NIM 1131113023 VINA ADRIANA - 05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
NIM 1131113023 VINA ADRIANA - 06 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM 1131113023 VINA ADRIANA - 07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
NIM 1131113023 VINA ADRIANA - 08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM 1131113023 VINA ADRIANA - 09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
NIM 1131113023 VINA ADRIANA - 13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
NIM 1131113023 VINA ADRIANA - 14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah minim nya penggunaan permainan tradisional gobak sodor dalam mengembangkan aspek sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari permainan tradisional gobak sodor terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di R.A IBUNDA MEDAN. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yaitu Quasi Eksperimental Design. Variabel bebas adalah permainan tradisional gobak sodor sedangkan variabel terikat adalah perkembangan sosial anak. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan uji-t, yang dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf nyata α = 0,05. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai pada kelas eksperimen 57,4 dengan nilai tertinggi 64 dan nilai terendah 55. Nilai rata-rata pada kelas kontrol 24,64 dengan nilai tertinggi 31 dan nilai terendah 18. Berdasarkan hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari pengaruh permainan tradisional gobak sodor terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun, dan dari hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 25, 811 > 1,746 pada taraf α = 0,05 dengan hasil uji-t tersebut dapat dinyatakan bahwa pelaksanaan permainan tradisional gobak sodor memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap perkembangan sosial anak dibandingkan dengan permainan tradisional congklak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 006 |
Keywords: | Perkembangan sosial; Permainan tradisional; Gobak sodor |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Apr 2017 07:10 |
Last Modified: | 18 Apr 2017 07:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24048 |