Anngraini, Andry (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING DALAM PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 107405 SEI ROTAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 113311021 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. NIM. 113311021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (731kB) | Preview
3. NIM. 113311021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4. NIM. 113311021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
5. NIM. 113311021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 113311021 TABLES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM. 113311021 GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM. 113311021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 113311021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
10. NIM. 113311021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
14. NIM. 113311021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
15. NIM. 113311021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan
menggunakan model Mind Mapping ini dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa dalam mata pelajaran IPA materi pokok Sifat-sifat cahaya pada siswa di
kelas V SD Negeri 107405 Sei Rotan T.A 2016/2017?”. Subjek dalam penelitian
yaitu siswa kelas V SD Negeri 107405 Sei Rotan T.A 2016/2017, yang berjumlah
40 orang siswa. penentuan subjek berdasarkan hasil observasi dan angket yang
dilakukan peneliti terhadap guru kelas V.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan yang masing-masing
pertemuan 35 menit. Jadi dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap
siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Instrumen penilaian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu
berdasarkan hasil observasi dan angket yang diberikan pada setiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan dari 40 siswa hasil penyebaran angket
motivasi belajar siswa pada kondisi awal 4 orang siswa memperoleh kriteria
Tinggi dengan persentase (10%), 6 orang siswa memperoleh kriteria Cukup
dengan persentase (15%), dan 30 orang siswa memperoleh kriteria Kurang dengan
persentase (75%), sedangkan pada kondisi akhir 34 orang siswa (85%)
memperoleh kriteria Tinggi dan Termotivasi dalam belajar IPA materi pokok
Sifat-sifat cahaya, dan 6 orang siswa (15%) Tidak Termotivasi pada pelajaran IPA
dengan kriteria Cukup, dan tidak ada siswa yang memperoleh kriteria Kurang.
Dan hasil penelitian kemampuan guru mengajar dengan menggunakan model
Mind Mapping di setiap pertemuan semakin meningkat dari skor 54 dengan
persentase 46,55% pada pertemuan 1 siklus I menjadi 114 dengan persentase
98,3% pada pertemuan 2 siklus II.
Dari hasil data yang diperoleh dari 34 orang siswa dapat dilihat bahwa
setelah dilakukan tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan motivasi belajar
siswa, ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Mind Mapping
dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi
pokok Sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 107405 Sei Rotan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 028 |
Keywords: | Motivasi, Model pembelajaran, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 04:19 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24023 |