harahap, Nurhaziza (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PRACTICE REHEARSEL PAIRS (PRAKTIK BERPASANGAN) PADA MATERI GAYA DI KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T. A 2016/ 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132111013_COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 1132111013_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM. 1132111013_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4. NIM. 1132111013_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
5. NIM. 1132111013_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
6. NIM. 1132111013_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
7. NIM. 1132111013_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 1132111013_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 1132111013_BAB I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
13. NIM. 1132111013_BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM. 1132111013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model
pembelajaran practice rehearsel pairs (praktik berpasangan) pada materi gaya.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas denagn dua siklus, yang
terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa. Sedangkan
objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada materi pelajaran gaya dengan
menerapkan model pembelajaran practice rehearsel pairs (praktik berpasangan).
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101766 Bandar Setia. Alat pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi motivasi belajar siswa, observasi motivasi belajar
guru dan angket.
Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkkan adanya
peningkatan pada setiap siklusnya yaitu: pada siklus I pertemuan I diperoleh data
bahwa 54.06% yang motivasi belajarnya tergolong sangat rendah, Pada siklus I,
pertemuan II diperoleh data bahwa 55.91% yang motivasi belajarnya tergolong
rendah , Pada siklus II, pertemuan I diperoleh data bahwa 67.40% yang motivasi
belajarnya tergolong sedang , Pada siklus II, pertemuan II diperoleh data bahwa
86,99% yang motivasi belajarnya tergolong tinggi. Pada hasil angket juga
menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya yaitu: Pada siklus I, pertemuan I
diperoleh data bahwa 58,06 % yang motivasi belajarnya tergolong sangat rendah
Pada siklus I, pertemuan II diperoleh data bahwa 63,65 % yang motivasi belajarnya
tergolong rendah, Pada siklus II, pertemuan I diperoleh data bahwa 78,37%yang
motivasi belajarnya tergolong sedang dan Pada siklus II, pertemuan II diperoleh data
bahwa 90,84% yang motivasi belajarnya tergolong tinggi.
Dari penelitian yang diperoleh tindakan ini dapat disimpulkan bahwa “dengan
menggunakan model practice rehearsel pairs (praktik berpasanagn) pada materi gaya
dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 101766 Bandar
Setia”. Dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 073 |
Keywords: | Motivasi, Model Pembelajaran, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 04:10 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24020 |