Sartika, Dewi (2017) PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD SWASTA SALSA CINTA RAKYAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111016 COVER. pdf.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM. 1133111016 APPROVAL SHEET. pdf.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
3. NIM. 1133111016 ABSTRACT. pdf.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM. 1133111016. PREFACE. Pdf.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5. NIM. 1133111016 TABLE OF CONTENT. pdf.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. NIM. 1133111016 TABLES. pdf.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7. NIM. 1133111016 ILLUSTRATION. pdf.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8. NIM. 1133111016 CHAPTER I. pdf.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
12. NIM. 1133111016 CHAPTER V. pdf.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
13. NIM. 1133111016 BIBLIOGRAPHY. pdf.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis
siswa khususnya dalam menulis karangan deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dengan
menggunakan model pembelajaran Concept Sentence.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang terdiri dari dua siklus, yakni siklus I dan II. Setiap siklus terdiri dari 4
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa/i kelas IVB SD Swasta Salsa Cinta Rakyat yang
berjumlah 16 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Pengumpulan
data dilakukan dengan pemberian tes pada siswa dan observasi guru dan siswa .
Dari hasil penelitian ditemuakan bahwa: (1) keterampilan guru siklus I
memperoleh persentase sebesar 75% dengan kategori baik, sedangkan siklus II
memperoleh persentase sebesar 83% dengan kategori sangat baik; (2) aktivitas
siswa siklus I memperoleh persentase sebesar 60,68% dengan kategori cukup,
sedangkan siklus II memperoleh persentase sebesar 80,04% dengan kategori
sangat baik; (3) keterampilan menulis karangan deskripsi siswa pada siklus I
memperoleh rata-rata nilai 69,93, sedangkan siklus II memperoleh rata-rata nilai
78,71. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai persentase 64,29%
dengan jumlah siswa yang terampil sebanyak 18 orang sedangakan siklus II
mencapai persentase ketuntasan klasikal sebesar 85,71% dengan jumlah siswa
yang terampil sebanyak 24 orang siswa.
Berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan di atas dapat ditarik
kesimpulan bahwa dengan menggunakan model concept sentence pada mata
pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan
deskripsi siswa di kelas IV SD Swasta Salsa Cinta Rakyat Tahun Ajaran
2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 047 |
Keywords: | Concept Sentence, Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 03:38 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24013 |