Christin, Lastria (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL THE POWER OF TWO PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 101797 DELI TUA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1133111038 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM 1133111038 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
3. NIM 1133111038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM 1133111038 ACKNOLEDMENT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
5. NIM 1133111038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM 1133111038 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM 1133111038 LIST OF DIAGRAMS.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 1133111038 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM 1133111038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
10. NIM 1133111038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
14. NIM 1133111038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
15. NIM 1133111038 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada
mata pelajaran IPS kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas
belajar siswa dengan menerapkan model The Power of Two.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua
siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101797 Deli Tua Kecamatan Deli Tua
Kabupaten Deli Serdang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN
101797 Deli Tua yang berjumlah 28 orang siswa sedangkan objek penelitian ini
adalah aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS dengan menerapkan model
pembelajaran The Power of Two. Teknik pengumpulan data adalah observasi
terhadap aktivitas belajar siswa dan observasi terhadap kegiatan mengajar guru.
Melalui observasi yang dilakukan selama penelitian, dapat diperoleh data
pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang aktif sebanyak 10 orang siswa dan
tidak aktif 18 orang siswa dengan persentase siswa aktif mencapai 35,71%. Siklus
I pertemuan II sebanyak 12 orang siswa aktif dan 16 orang siswa tidak aktif
dengan persentase siswa aktif 42,86%. Pada siklus II pertemuan I jumlah siswa
yang aktif sebanyak 20 orang siswa dan 8 orang siswa tidak aktif dengan
persentase siswa aktif mencapai 71,43%. Siklus II pertemuan II sebanyak 28
orang siswa yang aktif dengan persentase mencapai 100%. Hasil observasi
kegiatan peneliti pada siklus I pertemuan I menghasilkan rata-rata 56,25% (tidak
baik). Pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 62,50% (cukup baik). Pada
siklus II pertemuan I meningkat menjadi 78,12% (baik) dan pada siklus II
pertemuan II meningkat menjadi 96,88% (sangat baik).
Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
The Power of Two dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran
IPS pokok bahasan Perjuangan Para Tokoh Melawan Belanda kelas VA SDN
101797 Deli Tua Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-217 PGSD 071 |
Keywords: | Moodel Pembelajaran, Aktivitas belajar, The Power of Two, IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 01:41 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 01:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23991 |