Pakpahan, nikson (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI KELAS V SDN 101767 TEMBUNG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111049_COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 1133111049_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
3. NIM. 1133111049_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. NIM. 1133111049_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
5. NIM. 1133111049_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
6. NIM. 1133111049_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
7. NIM. 1133111049_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. NIM. 1133111049_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM. 1133111049_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
10. NIM. 1133111049_BAB I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
14. NIM. 1133111049_BAB V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
15. NIM. 1133111049_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil
belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 101767 Tembung
dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang.
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses pembelajaran
matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education
(RME) di SD Negeri 101767 Tembung tahun ajaran 2016/2017. (2)
mendeskripsikan hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan
Realistic Mathematics Education (RME) di SD Negeri 101767 Tembung pada
tahun ajaran 2016/2017.
Pada test awal sebelum diberikan tindakan dari jumlah siswa sebanyak
22 orang dan tidak ada satupun yang tuntas belajar dan nilai rata – rata kelas
45,95. Pada tindakan siklus I dengan menggunakan pendekatan Realistic
Mathematics Education (RME) diperoleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9
siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar 40,91% dan siswa yang belum
tuntas sebanyak 13 siswa dan persentase kentuntasan hasil belajar 59,09% dan
nilai rata – rata kelas 60,45. Nilai rata – rata hasil observasi aktivitas siswa yaitu
60,11 serta nilai rata - rata hasil observasi guru yaitu 77,50. Hal ini menunjukkan
adanya peningkatan dari tes awal baik dari segi nilai jumlah siswa yang tuntas
maupun dari persentase ketuntasan belajar dan nilai rata – rata kelas. Pada
tindakan siklus II dengan signifikan hasil belajar siswa meningkat diperoleh
jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa dan persentase ketuntasan hasil
belajar 95,45% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 1 siswa dengan
persentase 4,55% dan nilai rata – rata kelas yaitu 81,13 dan nilai rata – rata hasil
observasi aktivitas siswa meningkat mencapai 81,36 serta nilai rata - rata hasil
observasi guru yaitu 82,50. Dari pengolahan tes hasil belajar pada siklus II
ternyata persentase ketuntasan belajar siswa sudah memenuhi target seperti yang
ditetapkan dengan persentase ketuntasan belajar ideal 75 % siswa yang telah
mencapai nilai KKM 65.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan Pendekatan Realistic
Mathematics Education (RME) di kelas V SDN 101767 Tembung T.A
2016/2017 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2017 PGSD 067 |
Keywords: | Hasil Belajar, Aktivitas, Pendekatan Realistic Mathematics Education |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 08:03 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23988 |