Nurhabibi, Rizki (2017) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LCD PROYEKTOR DI KELAS III SDN 101800 DELITUA KECAMATAN DELITUA TIMUR KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311006_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1133311006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
3. NIM. 1133311006_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 1133311006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. NIM. 1133311006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 1133311006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1133311006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 1133311006_BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
12. NIM. 1133311006_BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 1133311006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu: rendahnya hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA, penggunaan media dalam pembelajaran yang masih kurang sesuai dengan materi, kurangnya minat belajar siswa karena guru tidak menggunakan media pembelajaran, sarana pembelajaran yang kurang lengkap pada mata pelajaran IPA, guru belum menguasai media pembelajaran LCD Proyektor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan Media pembelajaran LCD Proyektor di kelas III SDN 101800 Delitua Kecamatan Delitua Timur Kabupaten Deli serdang T.A 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 101800 Delitua yang berjumlah 27 0rang siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan angket.
Tahap penlitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus. Pada siklus I pertemuan I minat belajar siswa masih tergolong rendah dengan rata-rata 37,07%, sedangkan pada pertemuan juga masih tergolong rendah dengan rata-rata 53,04%, dan rata-rata angket 66%. Berdasarkan kesimpulan sementara bahawaminat belajar siswa belum meningkat, sehingga perlu perbaikan dan pengembangan pembelajaran yang lebih jelas pada siklus II. Ternyata setelah melakukan media pembelajaran LCD Proyektor minat belajar siswa meningkat. Hasil observasi minat belajar siswa pada siklus II pertemuan I sudah tergolong cukup dengan rata-rata 75,92%, sedangkan pada pertemuan II sudah meningkat menjadi sangat baik dengan rata-rata 89,54% dan rata-rata angket 82,7%.
Hasil observasi pada guru siklus I pertemuan I masih tergolong rendah dengan rata-rata 66,66% dan pada pertemuan II masih tergolong cukup dengan rata-rata 73,33%. Untuk itu guru masih perlu melaksanakan perbaikan, ternyata pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 83,33% dan pada pertemuan II pembelajaran guru menjadi baik dengan rata-rata 93,33%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan media pembelajaran LCD Proyektor dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas III SD Negeri 101800 Delitua Kecamatan Delitua Timur Kab. Deli serdang T.A 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 059 |
Keywords: | Minat, IPA, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 08:00 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23987 |