Sitepu, Rizki Juita (2017) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 050607 BALAI KASIH KECAMATAN KUALA KABUPATEN LANGKAT T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311076 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 1133311076 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (682kB) | Preview
3. NIM. 1133311076 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM. 1133311076 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
5. NIM. 1133311076 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 1133311076 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 1133311076 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1133311076 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 1133311076 BAB I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
13. NIM. 1133311076 BAB V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
14. NIM. 1133311076 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah apakah kecerdasan emosional siswa berhubungan dengan kedisiplinan belajar di SD Negeri 050607 Balai Kasih Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 050607 Balai Kasih Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 050607 Balai Kasih Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di SD Negeri 050607 Balai Kasih Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 48 orang. Sampel yang digunakan adalah sampel populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Uji validitas angket menggunakan rumus koefsien korelasi Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji koefsien korelasi, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa secara parsial Kecerdasan Emosional (X) memiliki korelasi pada kategori cukup tinggi dengan Kedisiplinan Belajar (Y) dengan nilai r 0,716 dan memiliki hubungan yang signifikan karena > yaitu 6,959>2,013.
Hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan yang erat antara Kecerdasan Emosional dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 050607 Balai Kasih Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2017 PGSD 079 |
Keywords: | Kecerdasan Emosional, dan Kedisiplinan Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 07:41 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 07:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23984 |