Gultom, Sri Wahyuni (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 101767 TEMBUNG KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER SRI WAHYUNI GULTOM ( NIM 1131111041).pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN SRI WAHYUNI GULTOM (NIM 1131111041).pdf - Published Version
Download (701kB) | Preview
03. ABSTRAK SRI WAHYUNI GULTOM ( 1131111041).pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR SRI WAHYUNI GULTOM ( 1131111041).pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
05. DAFTAR ISI SRI WAHYUNI GULTOM ( 1131111041).pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL SRI WAHYUNI GULTOM ( 1131111041).pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR SRI WAHYUNI GULTOM ( 1131111041).pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN SRI WAHYUNI GULTOM ( 1131111041).pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
09. BAB I SRI WAHYUNI GULTOM ( 1131111041).pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
13. BAB V SRI WAHYUNI GULTOM ( 1131111041).pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA SRI WAHYUNI GULTOM ( 1131111041).pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Subjek dalam penelitian kelas ini adalah peserta ini adalah peserta didik
kelas V yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 11 perempuan
di SD Negeri 101767 Tembung. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan
model pembelajaran Teams Games Tournament dalam meningkatkan Aktivitas
Belajar Siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model
pembelajaran di kelas V SD Negeri 101767 Tembung.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
dengan 2 siklus , dimana setiap siklus ada 2 kali dilakukan pertemuan dan dalam
setiap siklus ada 4 tahap yaitu : perencanaan, Tindakan I ,pengamatan dan
refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi guru dan
observasi siswa.
Berdasarkan analisis data observasi pada siklus I pertemuan I di peroleh
siswa dengan kriteria cukup aktif 2 siswa ( 5,96 %), kurang aktif 7 siswa (
18,94%) dan kriteria Tidak Aktif sebanyak 13 siswa (25,85%). Pada siklus I
pertemuan II diperoleh kriteria siswa Aktif dengan 6 siswa ( 20,02%) , siswa
yang berkriteria Cukup Aktif 10 siswa ( 33,38%) dan siswa yang berkriteria
Kurang aktif sebanyak 6 siswa ( 13,35 %). Siklus pertama tidak berhasil karena
aktivitas siswa tidak sesuai dengan harapan maka peneliti melanjutkan ke siklus II
dengan 2 kali pertemuan, pada siklus II pertemuan I diperoleh aktivitas siswa
yang meningkat dengan siswa yang berkriteria sangat aktif 1 siswa ( 3,69%) ,
siswa dengan kriteria aktif 18 siswa ( 61,07%) dan siswa yang berkriteria cukup
aktif 3 (9,09%). Pada siklus II pertemuan II di peroleh aktivitas siswa dengan
siswa yang berkriteria sangat aktif sebanyak 18 siswa (71,59%) dan siswa dengan
kriteria aktif 4 orang ( 13,92%).Penilaian pada peneliti yang dilakukan oleh guru
kelas 5 pada siklus I pertemuan I 70,00%, pertemuan II 75,00% dan siklus II
pertemuan I 85,00% dan siklus II pertemuan II 85,00%, dari siklus I sampai siklus
II terjadi peningkatan mengajar peneliti dan semakin baik lagi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa model
TGT dapat meningkatkan Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran
Matematika kelas V SD Negeri 101767 Tembung. Oleh karena itu, model
pembelajaran Teams Games Tournament dapat di terapkan sebagai salah satu
alternatif dalam meningkatkan Aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2017 PGSD 082 |
Keywords: | Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Meningkatkan Aktivitas Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 07:22 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23980 |