Sembiring, Jheta Pratiwi Ekasari (2017) PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF (EDUCATION GAMES) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SD NEGERI 023971 BINJAI BARAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1132111031 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. NIM 1132111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
3. NIM 1132111031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
4. NIM 1132111031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
5. NIM 1132111031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM 1132111031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM 1132111031 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 1132111031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. NIM 1132111031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (646kB) | Preview
13. NIM 1132111031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM 1132111031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif
(education games) terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas V
SD Negeri 023971 Binjai Barat tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah
penelitian eksperimen yang dilakukan dengan menggunakan dua kelas dengan
satu kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas control dengan jumlah sampel
masing-masing kelas yaitu 36 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 8
kali pertemuan, 1 pertemuan untuk pemberian pretest, 6 pertemuan untuk
pemberian treatment, dan 1 pertemuan akhir untuk pemberian posttest.
Variabel bebas adalah permainan edukatif sedangkan variabel terikat
adalah kosakata bahasa Inggris. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman
observasi. Analisa data menggunakan uji-t.
Hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat peningkatan penguasaan
kosakata bahasa Inggris siswa yang signifikan pada kegiatan belajar dengan
menggunakan permainan edukatif berupa kartu gambar dan kartu kosakata.
Adapun hasil uji t pada taraf signifikan 0,05 dengan kriteria pengujian uji pihak
kanan dimana harga thitung> ttabel atau 18,888> 1,666 dengan dk = (n1 + n2 – 2),
maka dapat dinyatakan H0 ditolak dan Haditerima. Yang berarti bahwa terdapat
pengaruh permainan edukatif (education games) terhadap kosakata bahasa Inggris
siswa kelas V SD Negeri 023971 Binjai Barat tahun ajaran 2016/2017.
Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan yang
diperoleh terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa dengan
menggunakan permainan edukatif (education games). Disarankan kepada para
guru sebaiknya menggunakan permainan edukatif (education games) dalam
pembelajaran bahasa Inggris guna untuk meningkatkan penguasaan kosakata
bahasa Inggris siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 083 |
Keywords: | Permainan Educatif, Kposakata, bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325 Semantics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 04:46 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23976 |