HUBUNGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2016/2017

Desmawati, Anisa (2017) HUBUNGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1132111001_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1132111001_COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1132111001_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1132111001_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1132111001_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1132111001_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1132111001_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1132111001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1132111001_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1132111001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1132111001_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1132111001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1132111001_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1132111001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1132111001_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1132111001_BAB I.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1132111001_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1132111001_BAB V.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1132111001_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1132111001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan
penggunaan model pembelajaran debat dengan keterampilan berbicara siswa pada
mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
penggunaan model pembelajaran debat dengan keterampilan berbicara siswa pada
mata pelajaran IPS. Hipotesis yang diajukan adalah adakah hubungan yang positif
dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran debat dengan keterampilan
berbicara siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 101765 Bandar
Setia Tahun Ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuatitatif, dengan
menggunakan pendekatan koresional. Untuk memperoleh data yang diperlukan,
maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa
angket, diperoleh hanya terdapat sebanyak 21 orang siswa (70%) siswa yang
tergolong baik dalam melakukan debat dan observasi diperoleh bahwa 7 orang
siswa (23,3%) yang berada dalam skor rata-rata; 11 orang siswa (37%) berada di
bawah skor rata-rata; dan 12 orang siswa (40%) berada di atas skor rata-rata.
Populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang yaitu siswa kelas V-C SD Negeri
101765 Bandar Setia . Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 30 orang yaitu
siswa kelas V-C SD Negeri 101765 Bandar Setia, dengan mengambil seluruh
jumlah populasi karena jumlah sampel yang kurang dari 100 orang, dengan kata
lain disebut sampel jenuh (Total Sampling).
Selanjutnya hasil analisis data dengan uji korelasi product moment
diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,501 dengan rtabel = 0,374 pada taraf
signifikasi 5%. Dengan demikian 0,501 > 0,374 atau nilai rhitung lebih besar
daripada nilai rtabel, maka penggunaan model pembelajaran debat memiliki
hubungan yang positif dengan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran
IPS. Untuk mengetahui signifikansi hubungan penggunaan model pembelajaran
debat dengan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran IPS digunakan
rumus uji t. Dari uji t tersebut diperoleh thitung = 3,065 dengan ttabel = 1,701 pada
taraf signifikasi 5%. Dengan demikian 3,065 > 1,701 atau nilai thitung lebih besar
daripada nilai ttabel, sehingga hubungan antara variabel x dan y dikatakan
signifikan.
Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara
penggunaan model pembelajaran debat dengan keterampilan berbicara siswa pada
mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia “dapat diterima”.
Dimana semakin tinggi penggunaan model pembelajaran debat maka semakin
tinggi keterampilan berbicara siswa yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 066
Keywords: Debat, Berbicara, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4177 Debating
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Apr 2017 04:33
Last Modified: 13 Apr 2017 04:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23973

Actions (login required)

View Item
View Item