Sipayung, Amando (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUKULAN FOREHAND DRIVE DALAM PERMAINAN TENIS MEJA MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA N 1 TANAH JAWA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6113311018 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 6113311018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
3. NIM 6113311018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM 6113311018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM 6113311018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
6. NIM 6113311018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7. NIM 6113311018 TABLES.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
8. NIM 6113311018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
9. NIM 6113311018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
13. NIM 6113311018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM 6113311018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
pukulan Forehand Drive dalam permainan tenis meja melalui gaya mengajar
resiprokal pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Ajaran
2016/2017.
Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
tindakan gaya mengajar resiprokal. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tanah Jawa yang berjumlah 30 orang.
Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus
terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan
refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi
data dan paparan data. Penilaian yang diberikan 2 kali yaitu tes siklus I dan tes
siklus II, sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses
pembelajaran. Dimana nilai standar ketuntasan belajarnya adalah 75. Apabila nilai
siswa kurang dari 75, maka siswa dikatakan belum tuntas.
Pada siklus I dapat diketahui bahwa dari 30 orang siswa sebanyak 17
siswa (56,67%) yang mendapat hasil belajar tuntas dan sebanyak 13 siswa
(43,33%) yang masuk dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata klasikal
sebesar 71,85. Berdasarkan post test siklus II dapat diketahui sebanyak 28 orang
siswa (93,33%) yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata klasikal 85,19.
Setelah dilakukan pembelajaran dan tes pada siklus II diperoleh peningkatan hasil
belajar siswa dalam pukulan Forehand Drive dalam permainan tenis meja dan
sekaligus membuktikan bahwa tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya.
Dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Melalui penerapan
gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar pukulan forehand
drive dalam permainan tenis meja pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1
Tanah Jawa Tahun Ajaran 2016/2017” dapat diterima, dengan jumlah nilai
seluruhnya 2555,6, nilai rata-rata klasikal 85,19 dan nilai ketuntasan klasikalnya
sebesar 93,33%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 041 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Forehand Drive |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 08:23 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23931 |