Hartofo, Rudi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI SMA SWASTA TELADAN MEDAN SEMESTER GANJIL T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4101121026 Cover Skripsi.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2 NIM. 4101121026 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (879kB) | Preview
3 NIM. 4101121026 Biography.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4 NIM. 4101121026 Abstrac ID.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
5 NIM. 4101121026 Preface.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6 NIM. 4101121026 Table Of Content.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7 NIM. 4101121026 Illustration.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8 NIM. 4101121026 Tables.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
9 NIM. 4101121026 Appendics.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
10 NIM. 4101121026 Chapter I.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
14 NIM.4101121026 Chapter V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
15 NIM. 4101121026 Biblography.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran
Berbasis Masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi
usaha dan energi.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian
adalah seluruh siswa kelas XI Peminatan MIPA SMA Swasta Teladan Medan T.P
2016/2017. Sample dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas XIIPA
1 sebagai kelas eksperimen dan XI-IPA 2 sebagai kelas kontrol masing-masing
berjumlah 48 orang.Insrtumen yang digunakan adalah test yang berjumlah 4 soal.
Pengujian tes kemampuan pemecahan masalah adalah dengan uji t, sedangkan hasil
observasi dengan analisis deskriptif.
Dari hasil penelitian diperoleh pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata
38,750 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata 37,083. Kedua kelas berdistribusi
normal, dan berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil uji beda disimpulkan
tidak terdapat perbedaan yang signifikan, artinya kedua kelas memiliki kemampuan
awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda , kelas ekperimen
dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan model
konvensional.Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh rata-rata 77,083 dan
pada kelas kontrol diperoleh rata-rata 72,292. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung
lebih besar dari harga ttabel (thitung > ttabel = 2,282 > 1,664) maka Ha diterima, dengan
demikian disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dengan
menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih baik daripada
kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model Pembelajaran
Konvensional pada materi pokok usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-217 FIS 058 |
Keywords: | Hasil belajar, Model Pembelajaran, Usaha, Energi dan Daya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 07:36 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23921 |