Sundari, Sri Ayu (2017) MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NO 101797 DELITUA INDUK KAB. DELI SERDANG T.A 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311066_COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 1133311066_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
3. NIM. 1133311066_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
4. NIM. 1133311066_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
5. NIM. 1133311066_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM. 1133311066_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 1133311066_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. NIM. 1133311066_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM. 1133311066_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
10. NIM. 1133311066_BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
14. NIM. 1133311066_BAB V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
15. NIM. 1133311066_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah “ Apakah dengan menggunakan model Make A Match ini dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajar MATEMATIKA materi pokok satuan panjang dengan kegunaannya pada siswa kelas IV SD. Negeri 101797 Delitua Induk Kab. Deli Serdang T.A 2016/2017?” Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 101797 Delitua Induk Kab. Deli Serdang T.A 2016 / 2017, yang berjumlah 26 orang siswa. Penentuan subjek berdasarkan hasil observasi dan angket yang dilakukan peneliti terhadap guru kelas IV SD.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan yang masing-masing pertemuan 35 menit. Jadi dalam 2 siklus ada 4x pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Insrument yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil tes yang diberikan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan dari 26 siswa yang memiliki kreativitas belajar rendah terdapat 15 orang siswa (58%), yang memiliki kreativitas belajar sedang 6 orang siswa (23,07) dan memiliki kreativitas belajar yang tinggi 2 orang siswa (8%), yang memiliki kreativitas sangat baik terdapat 3 orang siswa (11,53%). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus I pertemuan I kreativitas belajar siswa tergolong rendah dengan nilai rata-rata (45,00%), sedangkan pada siklus I pertemuan II terdapat 13 orang siswa (50%) memiliki kreativitas belajar siswa yang rendah, terdapat 7 orang siswa (27%) memiliki kreativitas belajar yang sedang, terdapat 2 orang siswa (8%) memiliki kreativitas belajaryang tinggi, dan terdapat 4 orang siswa (15%) memiliki kreativitas belajar sangat tinggi. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus I pertemuan II kreativitas belajar siswa tergolong sedang dengan nilai rata-rata(47,88%). Pada siklus II pertemuan I terdapat 6 orang siswa (23,07%) memiliki kreativitas belajar siswa yang rendah, terdapat 4 orang siswa (15,38%) memiliki kreativitas belajar yang sedang, terdapat 10 orang siswa (38,46%) memiliki kreativitas belajar sangat tinggi, dan terdapat 6 orang siswa (23,07) memiliki kreativitas belajar sangat tinggi. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus II pertemuan I kreativitas belajar siswa tergolong tinggi dengan nilai rata-rata (60,00%), sedangkan pada siklus II pertemuan II tidak ditemukan siswa yang memiliki kreativitas belajar yang rendah, terdapat 3 orang siswa (11,53%) memiliki kreativitas belajar yang sedang, terdapat 11 orang siswa (42,30%) memiliki kreativitas belajar yang tinggi, dan terdapat 12 orang siswa (50%) memiliki kreativitas belajar sangat tinggi. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus II pertemuan II kreativitas belajar siswa tergolong tinggi dengan nilai rata-rata (88,46%). Pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata pada observasi guru terdapat 38,28% tergolong masih rendah , sedangkan pada siklus I pertemuan II mengalami sedikit peningkatan dengan nilai rata-rata 59,37%. Pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata pada observasi guru terdapat 64,84% tergolong masih tinggi, sedangkan pada siklus II pertemuan II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 90,62%. Hasil yang diperoleh dari 26 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukan tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan kreativitas belajar siswa. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model make a match dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran matematika materi pakok satuan panjang dan kegunaannya di kelas IV SD Negeri 101797 Delitua Induk Kab. Deli Serdang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 008 |
Keywords: | Belajar; Kreativitas belajar; Pembelajaran matematika; Kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 07:38 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23919 |