Rahmadani, Siti Mahyuni (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLEKTULLY (SAVI) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 107403 CINTA RAKYAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311120_COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 1133311120_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
3. NIM. 1133311120_ABSTAK.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4. NIM. 1133311120_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
5. NIM. 1133311120_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6. NIM. 1133311120_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1133311120_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1133311120_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1133311120_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
10. NIM. 1133311120_BAB I.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
14. NIM. 1133311120_BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM. 1133311120_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV dengan menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intelectually(SAVI) di kelas IV. Penelitian ini termaksuk penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 107403 Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang T.A 2016/2017 yang beralamat di jalan Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Penelitian dilaksanakan pada Januari sampai bulan Maret 2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 30 0rang dan objeknya adalah peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi rangka manusia dengan menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intelectually(SAVI) di kelas IV.penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi siklus I akan dijadikan acuan untuk pelaksanaan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: dari 30 siswa pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata kelasnya adalah 46,67 dengan 4 orang siswa aktif (13,33%) dan 26 siswa tidak aktif (86,66) dan siklus I pertemuan II dari 30 siswa nilai rata-ratanya adalah 62,70 dengan 13 orang siswa aktif (43,33%) dan 17 siswa tidak aktif (56,66%). Pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata kelas adalah 70,62 dengan 26 siswa aktif dan 4 orang siswa tidak aktif (13,33%), dan siklus II pertemuan II nilai rata-rata 76,25 dengan 30 siswa aktif (100%) dan 0 siswa tidak aktif (0%). Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intelectually(SAVI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 107403 Cinta Rakyat T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 001 |
Keywords: | Belajar; Model pembelajaran; SAVI; Aktivitas belajar; Materi pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 07:10 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 07:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23918 |