Siregar, Imam Maulana (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI NO.101772 TANJUNG SELAMAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311052_COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 1133311052_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
3. NIM. 1133311052_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM. 1133311052_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. NIM. 113331052_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 11333105_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 113331052_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 113331052_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1133311052_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM. 1133311052_BAB I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
14. NIM. 1133311052_BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
15. NIM. 1133311052_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di kelas V. enelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No.101772 Desa Tanjung Selamat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017 yang beralamat di jalan Pasar Melintang Desa Tanjung Selamat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Sebelum tindakan dilaksanakan terlebih dahulu di lakukan pre test (tes awal) kepada 34 siswa kelas V untuk mengetahui pengetahuan awal siswa dan acuan untuk membentuk kelompok yang heterogen berdasarkan hasil yang diperoleh siswa dari hasil pre test. Penelitian dilaksanakan pada Januari sampai bulan Maret 2017 Subjek dalam penelitian dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas V SD Negeri No.101772 Tanjung Selamat Tahun Ajaran 2016/2017 dan Objek penelitian ini adalah tindakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya melalui model pembelajaran group investigation. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi siklus I akan dijadikan acuan untuk pelaksanaan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (Pre Test, Post Test Siklus I dan Post Test Siklus II) dan lembar observasi (lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas belajar siswa). Berdasarkan analisis data yang diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: nilai rata-rata dari 34 orang siswa hasil belajar pada pre test adalah 54,46 yaitu sebanyak 6 siswa yang tuntas belajar dengan presentase ketuntasan 21,4% , hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 67,81 yaitu sebanyak 18 siswa yang tuntas belajar dengan presentase ketuntasan adalah 56,25% dan hasil belajar siswa pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 91,88 yaitu sebanyak 30 siswa yang tuntas belajar dengan presentase ketuntasan 93,8%. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa menggunakan model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri No. 101772 Tanjung Selamat Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 022 |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Group investigation; Ilmu pengetahuan alam |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 06:59 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23916 |