Siahaan, Nurul Ramadani (2017) PROFIL ORANGTUA BEDA AGAMA DALAM MENSOSIALISASIKAN PENDIDIKAN AGAMA PADA ANAK DI KECAMATAN TANAH JAWA KABUPATEN SIMALUNGUN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3131122030 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 3131122030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
3. NIM. 3131122030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM. 3131122030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 3131122030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 3131122030 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 3131122030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 3131122030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
12. NIM. 3131122030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
13. NIM. 3131122030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profil
orangtuabeda agama dalam mensosialisasikan pendidikan agama pada
anaknya.Dalam penelitian ini, permasalahan yang ingin dijawab yaitu, untuk
mengetahui Profil orangtuabeda agama, pola interaksi orangtuabeda agama dalam
mensosialisasikan pendidikan agama kepada anak dan selanjutnya untuk mengetahui
penyebab adanya faktor pendukung dan penghambat orangtuabeda agama dalam
mensosialisasikan pendidikan agama kepada anaknya. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan dengan teknik mereduksi, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Setiap orangtuabeda agama atau pasangan hidup beda agama,
dituntut kepekaan sosial, untuk tetap dapat dipandang sebagai keluarga yang
harmonis. Untuk itu, setiap pasangan sebagai orangtuabeda agama, setidaknya belajar
dapat menerima keberadaan setiap pasangannya yang berbeda agama itu. Sikap
toleransi yang diasah terus menerus dalam hidup rumah tangganya, para
orangtuabeda agama ini memiliki anak, dapat dengan mudah untuk mengelola
perkembangan anak dalam hal sosialisasi pengetahuan keagamaan anak dari orang
tuanya yang beda agama.Untuk menganalisis permasalahan tersebut, penulis
menggunakan teori Pola Sosialisasi Partisipatoris dari Jaeger, tahap sosialisasi primer
dan sosialisasi sekunder dari Berger dan Luckman, Pola sosialisasi dari Elizabeth B.
Hurlock tentang pola sosialisasi otoriter, pola sosialisasi demokratis, pola sosialisasi
permisif dan teori interaksi. Dari empat informan pasangan suami istri beda agama,
diperoleh kesimpulan, Ada 2 variasi interaksi keagamaan pasangan orangtua beda
agama yaitu pasangan suami istri dimana salah satu pasangan lebih aktif dalam
menjalankan ibadah /beragama dan yang terkahir pasangan yang sama-sama kuat
dalam beragama.Dalam menyosialisasikan pendidikan agama terhadap anak pasangan
orangtuabeda agama tentunnya dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor pendukung
dan penghambat. Faktor penghambat yaitu Terjadi pola hidup sekuler dalam
keluarga. Orangtuabeda agama yang lebih sering memberikan atau menanamkan
pengetahuan agama dan mensosialisasikannya kepada anak, lebih membawa dampak
positif terhadap anak untuk mengikutinya, serta menjalankan agamanya, dibanding
orangtuabeda agama yang jarang memberikan sosialisasi pengetahuan agama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ANTRO 030 |
Keywords: | Sosialisasi Tentang Pengetahuan Keagamaan Anak, OrangtuaBeda Agama |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1188 Religious ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religions. Mythology. Rationalism > BL630 Religious organization |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 04:38 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23914 |