Siregar, Nurmala Sari (2017) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKn PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3131111034 COVER.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
2. NIM. 3131111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
3. NIM. 3131111034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM. 3131111034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
5. NIM. 3131111034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
6. NIM. 3131111034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7. NIM. 3131111034 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
8. NIM. 3131111034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
9. NIM. 3131111034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (681kB) | Preview
13. NIM. 3131111034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
14. NIM. 3131111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru
PPKn pada pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di SMP Negeri
Se- Kecamatan Percut Sei Tuan. Adapun metode penelitian yang digunakan
penulis ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Penelitian dilakukan di SMP N Se Kecamatan Percut Sei Tuan yang
menerapkan kurikulum 2013 yaitu sebanyak 5 (lima) sekolah dengan subyek
penelitian sebanyak 6 orang guru PPKn. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa
realitas kompetensi guru PPKn dalam melakukan proses pembelajaran berbasis
kurikulum 2013 yang dilakukan di SMP Negeri Se-Kecamatan Percut Sei Tuan
masih kurang karena standar kompetensi yang menjadi objek penelitian yaitu
kompetensi pedagogik belum sepenuhnya tercapai, karena masih ada guru PPKn
belum mampu menguasai kompetensi pedagogik dengan baik ditandai dengan
kurangnya pemahaman guru PPKn terhadap aspek-aspek di dalam kompetensi
pedagogik, yaitu aspek perancangan dan pengembangan peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki peserta didik serta evaluasi
pembelajaran. Adapun kesulitan yang dialami guru PPKn di SMP tersebut adalah
dalam hal mengaplikasikan media pembelajaran berupa Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK). Di samping itu fasilitas sekolah juga belum memadai, padahal
dalam kompetensi pedagogik mengharuskan setiap guru dapat mengoperasikan
komputer, dan layar proyektor (infokus) guna menunjang keberhasilan
pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2017 PKn 011 |
Keywords: | Analisis, Kompetensi pedagogik, Guru PPKn, Pembelajaran, kurikulum 2013. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 03:56 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23908 |