Yasinta (2017) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMK AL MA’SHUM SIDODADI KISARAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NM. 3132111014 COVER.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
2. NIM. 3132111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
3. NIM. 3132111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4. NIM. 3132111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
5. NIM. 3132111014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
6. NIM. 3132111014 BAGAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM. 3132111014 TABLE ..pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM. 313211114 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM. 3132111014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
13. NIM. 3132111014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
14. NIM. 3132111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi nilai-nilai
Pancasila melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMK Al Ma’shum
Sidodadi Kisaran Tahun Pelajaran 2016/2017. Nilai-nilai Pancasila pada
hakikatnya adalah mendasarkan pada landasan sila-sila Pancasila yaitu: nilai
ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan. Hal ini berkaitan
dengan tujuan Pramuka untuk mengembangkan akhlak dan kewarganegaraan
yang baik pada peserta didik. Gerakan Pramuka yang ada di SMK Al Ma’shum
Sidodadi Kisaran adalah gerakan kepanduan nasional yang merupakan organisasi
pendidikan yang keanggotaannya bersifat suka rela, tidak membedakan suku, ras,
golongan, dan agama. Untuk itu nilai-nilai Pancasila baik untuk diterapkan dalam
kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Adapun metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan
studi dokumentasi. Untuk mengetahui analisis data yang terkumpul penulis
menggunakan analisis interaktif fungsional, yang berpangkal dari empat kegiatan
yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan
analisis penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai-nilai Pancasila
melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMK Al Ma’shum Sidodadi Kisaran
dirasakan sudah terimplementasi Hal ini ditunjukkan pada kegiatan-kegiatan
Pramuka seperti perkemahan, penjelajahan, LBB, games, dan upacara yang di
dalam kegiatan tersebut nilai-nilai Pancasila dapat terimplementasi. Selain itu
keterlibatan pihak sekolah dan sarana prasarana di sekolah memberikan pengaruh
baik bagi pelaksanaan kegiatan Pramuka. Kegiatan Pramuka juga sebagai wadah
praktik langsung atas nilai-nilai Pancasila yang telah dipelajari dalam pendidikan
formal pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKn 012 |
Keywords: | Implementasi, Nilai-nilai Pancasila, Kegiatan Pramuka |
Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers J Political Science > JA Political science (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 03:51 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23907 |