Ramadhani, Fuji Tri (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 027977 BINJAI BARAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111025_COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 1133111025_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
3. NIM. 1133111025_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM. 1133111025_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. NIM. 1133111025_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 1133111025_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1133111025_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1133111025_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 1133111025_BAB I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM. 1133111025_BAB V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14. NIM. 1133111025_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi peristiwa sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Simulasi kelas V SD Negeri 027977 Binjai Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian PTK, dengan tindakan model Simulasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, yakni siklus I dan II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasi siswa, lembar angket motivasi siswa serta lembar observasi guru. Lembar observasi motivasi siswa dilakukan sebanyak 3 kali, pada kondisi awal dimana belum diterapkan model pembelajaran, kemudian siklus I dan II. tidak jauh berbeda lembar angket motivasi siswa hanya diberikan sebanyak 2 kali pada akhir siklus I dan akhir siklus II. Sedangkan observasi guru dilakukan saat proses belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan analisis data, diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal sebesar 31,25%, siklus I sebesar 59,37%, siklus II sebesar 81,25% setara dengan 26 orang siswa.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Simulasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, pada mata pelajaran IPS materi pokok peritiwa sebelum proklamasi dikelas V SD Negeri 027977 Binjai Barat T.A 2016/2017. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran Simulasi ketika proses pembelajaran sedang berlangsng, agar siswa memiliki motivasi yang baik dan semangat belajar yang tinggi sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Simulasi pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 027977 Binjai Barat. Oleh karena itu, model pembelajaran Simulasi dapat diterapkan sebagai salah satu alternative dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 019 |
Keywords: | Hakikat belajar; Motivasi; Model pembelajaran; Materi pembelajaran; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 04:36 |
Last Modified: | 10 Apr 2017 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23892 |