Hidayat, Syahri Wahyu (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO FLASH PLAYER TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR PENGUKURAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK HARAPAN STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim. 5123122034 Cover.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2 Nim. 5123122034 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
3 Nim. 5123122034 Abstract.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
4 Nim. 5123122034 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5 Nim. 5123122034 Table of Content.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6 Nim. 5123122034 Table.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7 Nim. 5123122034 Illustration.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8 Nim. 5123122034 Appendices.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
9 Nim. 5123122034 Chapter I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
13 Nim. 5123122034 Chapter V.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
14 Nim. 5123122034 References.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Media Video Flash Player terhadap mata pelajaran Dasar Pengukuran Kelas X SMK Harapan Stabat. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang dan kelas X TKR 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 orang. Kelas eksperimen diberlakukan dengan menggunakan media Video Flash Player, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan tanpa menggunakan media Video Flash Player. Instrumen yang digunakan yaitu hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan Media Video Flash Player dengan tanpa menggunakan media video flash player pada mata pelajaran Dasar Pengukuran Siswa Kelas X TKR SMK Harapan Stabat. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,43 > 2,026 pada taraf nyata α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Video Flash Player terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Harapan Stabat.