Bulan, Seri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL) SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123131043 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 5123131043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
3. NIM. 5123131043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. NIM. 5123131043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM. 5123131043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM. 5123131043 TABLES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7. NIM. 5123131043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 5123131043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM. 5123131043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
13. NIM. 5123131043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14. NIM. 5123131043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X TIPTL SMK Negeri1 Percut Sei Tuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis quasi eksperimental dengan metode post test only control group design.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswsa kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, berjumlah 3 kelas, kelas TIPTL 1 berjumlah 31 orang, kelas TIPTL 2 berjumlah 31 orang dan kelas TIPTL 3 berjumlah 32 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran snowball throwing) dan kelas kontrolnya (menggunakan model pembelajaran konvensional). Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik. Nilai rata-rata post test siswa pada kelas eksperimen sebesar 83 dan kelas kontrol sebesar 75. Untuk uji normalitas data pada taraf signifikan sebesar 0,05 diperoleh kelas ekperimen Lhitung<Ltabel = 0,014619<0,159 dan kelas kontrol 0,083629< 0,159 maka data berdistribusi normal. Dan uji homogenitas Fhitung (Varian Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol) <Ftabel = 0,39< 1,84 maka seluruh varian homogen. Dengan pengujian hipotesis menggunkan uji-t dengan taraf signifikan menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan model pembelajaran konvensional, dilihat dari thitung 3,379 > ttabel1,67 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha di terima. Maka dengan demikian hasil belajar siswa yang menggunakan model snowball throwing lebih baik (tinggi) daripada model konvensional.