PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL) SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Bulan, Seri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL) SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5123131043 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5123131043 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5123131043 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5123131043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5123131043 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5123131043 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5123131043 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5123131043 PREFACE.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5123131043 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5123131043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5123131043 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5123131043 TABLES.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5123131043 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5123131043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5123131043 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5123131043 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5123131043 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5123131043 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5123131043 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5123131043 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5123131043 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5123131043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X TIPTL SMK Negeri1 Percut Sei Tuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis quasi eksperimental dengan metode post test only control group design.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswsa kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, berjumlah 3 kelas, kelas TIPTL 1 berjumlah 31 orang, kelas TIPTL 2 berjumlah 31 orang dan kelas TIPTL 3 berjumlah 32 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran snowball throwing) dan kelas kontrolnya (menggunakan model pembelajaran konvensional). Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik. Nilai rata-rata post test siswa pada kelas eksperimen sebesar 83 dan kelas kontrol sebesar 75. Untuk uji normalitas data pada taraf signifikan sebesar 0,05 diperoleh kelas ekperimen Lhitung<Ltabel = 0,014619<0,159 dan kelas kontrol 0,083629< 0,159 maka data berdistribusi normal. Dan uji homogenitas Fhitung (Varian Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol) <Ftabel = 0,39< 1,84 maka seluruh varian homogen. Dengan pengujian hipotesis menggunkan uji-t dengan taraf signifikan menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan model pembelajaran konvensional, dilihat dari thitung 3,379 > ttabel1,67 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha di terima. Maka dengan demikian hasil belajar siswa yang menggunakan model snowball throwing lebih baik (tinggi) daripada model konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 ELEK 014
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran snowball throwing; Konvensional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:57
Last Modified: 07 Apr 2017 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23868

Actions (login required)

View Item
View Item