Sasmita, Rossy Luckita (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN PEMBENTUKAN ALIS MATA DENGAN MODEL PEMROSESAN INFORMASI PADA MATA KULIAH TATA RIAS WAJAH KHUSUS, PRODI TATA RIAS JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146121035 COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2. NIM. 8146121035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM. 8146121035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8146121035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM. 8146121035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
6. NIM. 8146121035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
10. NIM. 8146121035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
11. NIM. 8146121035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Studi ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan multimedia interaktif pembelajaran yang layak digunakan, mudah dipelajari mahasiswa dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan pada mata kuliah Tata Rias Wajah Khusus. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pembelajaran Dick dan Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karateristik mahasiswa dalam belajar. Model ini meliputi enam tahapan, yakni: studi literatur, perencanaan atau desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, produk akhir. Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi, dua ahli desain pembelajaran dan ahli rekayasa perangkat lunak dan desain grafis, tiga mahasiswa untuk uji coba perorangan, sembilan mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil dan lima puluh delapan untuk uji coba lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi Tata Rias Wajah Panggung berada pada kualifikasi sangat baik (83,00%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (87,08%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak dan desain grafis berada pada kualifikasi sangat baik (87,22%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (93,64%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (85,71%), (6) uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (83,41%).
Produk akhir dari pengembangan media pembelajaran ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester ganjil (V) tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini sebanyak 58 mahasiswa yang terdiri dari 29 mahasiswa kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan multimedia interaktif pembelajaran dan 29 mahasiswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan media powerpoint sebagaimana yang berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Sas p |
Keywords: | Teknologi pembelajaran; Mata kuliah; Membentuk alis; Tata rias |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > T Technology (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 03:19 |
Last Modified: | 04 Apr 2017 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23845 |