Andriani, Juli (2016) ANALISIS KESIAPAN GURU KELAS DALAM MENGIMPLEMENTASI PENILAIAN OTENTIK PADA KOMPETENSI RANAH SIKAP DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN TEBING TINGGI KOTA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146182019 COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
2. NIM. 8146182019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
3. NIM. 8146182019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM. 8146182019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 8146182019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6. NIM. 8146182019 TABLE.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 8146182019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. NIM. 8146182019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
9. NIM. 8146182019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
13. NIM. 8146182019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM. 8146182019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memperoleh gambaran faktual mengenai kesiapan guru kelas dalam mengimplementasi penilaian otentik pada kompetensi ranah sikap di sekolah dasar kecamatan Tebing Tinggi kota. Permasalahan penelitian ini adalah masih minimnya sosialisasi dan pelatihan yang diberikan kepada guru, masih kurang optimalnya guru dalam proses pelaksanaan penilaian sikap yang dianggap masih sangat sulit karena selalu mengalami perubahan penilaian dalam setiap tahunnya juga begitu banyak indikator yang harus dicapai. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penenlitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalalah guru kelas IV di 2 Sekolah Dasar Negeri dan 1 Sekolah Dasar Swasta yang berbeda yaitu guru kelas IV di SD Negeri 163080 di Tebingtinggi, guru kelas IV di SD Negeri 163084 di Tebing Tinggi dan guru kelas IV di SD Swasta Inti Nusantara di Tebing Tinggi. Teknik pengeumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dari wawancara observasi dan dokumentasi menunjukkan bahwa kesiapan guru kelas dalam mengimplementasi penilaian autentik pada kompetensi ranah sikap di sekolah dasar kecamatan Tebing tinggi masih belum optimal. Hal ini terlihat dari masih minimnya penilaian otentik pada ranah yang diberikan oleh guru sehingga pemahaman dan prose pelaksanaan penilaian belum optimal berjalan dengan semestinya. Buku guru oleh pemerintah sudah dibeikan sebagai pegangan guru dalam penilaian tetapi masih harus direvisi ulang dikarenakan masih sangat mendasar materi penilaian yang ada di dalam isi buku tersebut. Selanjutnya penilaian yang masih sangat rumit dianggap oleh guru. Pengelolaan alokasi waktu yang juga masih sangat terbatas sehingga penilaian masih kurang efektif dalam pelaksanaan. Hasil analisis data di atas menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam implementasi penilaian otentik pada ranah sikap dikategorikan masih belum siap.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.11 And a |
Keywords: | Penilaian otentik; Ranah sikap |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Mar 2017 09:54 |
Last Modified: | 29 Mar 2017 09:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23835 |