Prihatini, Eka (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA SMA NEGERI 2 KOTA TEBINGTINGGI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136174037 COVER .pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 8136174037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. NIM. 8136174037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM. 8136174037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 8136174037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
6. NIM. 8136174037 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 8136174037 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM. 8136174037 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 8136174037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
13. NIM. 8136174037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 8136174037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) dan model project based learning (PjBL) terhadap: (1) hasil belajar biologi, (2) kemampuan berpikir kritis, dan (3) sikap peduli lingkungan pada materi pencemaran lingkungan siswa SMA Negeri 2 Kota Tebingtinggi. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dan ditetapkan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X IPA-2 dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (kontrol), kelas X IPA-3 dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning (PBL), X IPA-4 dibelajarkan dengan menggunakan model project based learning (PjBL). Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) pada taraf signifikasi α = 0,05 dan dilanjutkan uji Tukey’s dengan bantuan SPSS ver 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar biologi (P= 0,025). Hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning (81,46 ± 6,59) tidak berbeda dibandingkan model project based learning (81,43 ± 10,14) dan berbeda dibandingkan model pembelajaran konvensional (65,43 ± 7,10). (2) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis (P= 0,000). Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning (76,17 ± 6,46) tidak berbeda dibandingkan model project based learning (78,82 ± 6,48) dan berbeda dibandingkan model pembelajaran konvensional (59,55 ± 9,54). (3) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap sikap peduli lingkungan (P= 0,000). Sikap peduli lingkungan siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning (92,88 ± 5,94) tidak berbeda dibandingkan model project based learning (90,40 ± 7,09) dan berbeda dibandingkan model pembelajaran konvensional (71,23 ± 6,86). Berdasarkan hasil penelitian ditunjukkan bahwa model problem based learning (PBL) dan model project based learning (PjBL) lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Model problem based learning (PBL) dan model project based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar biologi, kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.950 712 Pri p |
Keywords: | Model problem based learning (PBL); Model project based learning (PjBL); Model pembelajaran konvensional; Hasil belajar biologi; Kemampuan berpikir kritis; Sikap peduli lingkungan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Mar 2017 02:38 |
Last Modified: | 27 Mar 2017 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23830 |