Rahmawati, Sri and Baharuddin (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BADAR DAN SMP NEGERI 5 BADAR KAB. ACEH TENGGARA. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 03 (01). pp. 93-105. ISSN 2407-7488
Reviewer.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan media pembelajaran animasi dan media pembelajaran gambar diam, untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh hasil belajar IPS siswa yang memiliki gaya belajar visual dan gaya belajar auditori, untuk mengetahui dan mendeskripsikan interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa. Sebelum tes hasil belajar digunakan untuk menguji hipotesis terlebih dahulu tes diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur dimana sebelumnya dilakukan uji persyaratan data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut; media pembelajaran animasi lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki gaya belajar visual sedangkan media pembelajaran gambar diam akan lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki gaya belajar auditori serta terdapat interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran; Gaya belajar; Ilmu sosial; Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 03:22 |
Last Modified: | 23 Mar 2017 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23821 |