PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Dewi, Lia Gusparina and Fatisa, Yuni (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas belajar siswa. Siswa kurang berani bertanya dan memberi
tanggapan serta kurangnya minat siswa untuk mendiskusikan apa yang sedang dipelajari. Penelitian ini telah dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe the power of two terhadap aktivitas belajar siswa.Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan jumlah sampel dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang dilakukan pada bulan April-Mei 2014. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan observasi kepada siswa pada setiap pertemuan. Data hasil observasi dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh
nilai thitung = 3,19 pada tahap signifikan α 5% diperoleh ttabel = 2,00. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang
berarti menunjukkan adanya pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe the power of two terhadap aktivitas belajar
siswa. Selanjutnya untuk mengetahui besar pengaruh strategi the power of two terhadap aktvitas belajar siswa
diketahui dari peningkatan koefisien pengaruh (KP) dan diperoleh persentase pengaruh sebesar 11,40%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Aktivitas belajar; Pembelajaran aktif; Strategi pembelajaran; The power of two
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Mar 2017 01:59
Last Modified: 22 Mar 2017 01:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23805

Actions (login required)

View Item
View Item