Alkhoiri, Fadlan (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH (MENCARI PASANGAN)TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PERALATAN DAN PERLENGKAPAN DITEMPAT KERJA SISWA KELAS X TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK PALAPA BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5122122002 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
02. NIM 5122122002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
03. NIM 5122122002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
04. NIM 5122122002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
05. NIM 5122122002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
06. NIM 5122122002 TABLE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
07. NIM 5122122002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
08. NIM 5122122002 APENDICES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
09. NIM 5122122002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
13. NIM 5122122002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
14. NIM 5122122002 BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Make A Match (Mencari Pasangan) Terhadap Hasil Belajar Menggunakan Peralatan Dan Perlengkapan Ditempat Kerja Siswa Kelas X Teknik Sepeda Motor Di SMK Palapa Binjai. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu kelas X TSM 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X TSM 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Make A Match (Mencari Pasangan) sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Make A Match (Mencari Pasangan) dengan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Menggunakan Peralatan Dan Perlengkapan Ditempat Kerja Siswa Kelas X SMK Palapa Binjai. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 12,75 > 2,0189 pada taraf nyata α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match (Mencari Pasangan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 013 |
Keywords: | Model make a match; Model pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Mar 2017 04:39 |
Last Modified: | 21 Mar 2017 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23802 |