Daulay, Sapnita Idamarna and Sutiani, Ani (2016) PENERAPAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (835kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Teams Achivements Division) dengan NHT (Number Head Together)Pada Materi PokokKoloid. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Model yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen I diberi perlakuan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan NHT sedangkan kelas eksperimen II diberi perlakuan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Hasil belajar siswa dihitung dari rata-rata nilai Post-Test siswa, pada kelas eksperimen I sebesar 77,86 sedangkan hasil belajar siswa kelas eksperimen II sebesar 68,61. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan kriteria thitung> ttabel dan diperoleh thitung = 3,76 sedangkan ttabel = 1,68 untuk α = 0.05 dan db = 37. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni hasil belajar siswa yang diajar dengan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan NHT lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Number heads together; Model pembelajaran; Hasil belajar; Student teams achievements division |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 07:24 |
Last Modified: | 22 Mar 2017 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23758 |