Armelizha, Rizki and Baidhawi, Muhammmad and Rery, R. Usman and Susilawaty (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 TAMBANG. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (855kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tambang. Bentuk penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest. Sampel ditentukan secara acak setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dari lima kelas sebagai populasi dan didapatkan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen merupakan kelompok yang diberi perlakuan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan data akhir diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,77>1,67 artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tambang, dengan pengaruh peningkatan sebesar 11,64%.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Struktur atom; Sistem periodik unsur; Prestasi belajar; Two stay two stray; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 07:20 |
Last Modified: | 22 Mar 2017 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23754 |