INOVASI BAHAN AJAR KIMIA LAMBANG UNSUR DAN PERSAMAAN REAKSI SMK KELAS X SEMESTER I DAN IMPLEMENTASINYA

Nasution, Putri Junita Sari and Silalahi, Albinus and Sitorus, Marham (2016) INOVASI BAHAN AJAR KIMIA LAMBANG UNSUR DAN PERSAMAAN REAKSI SMK KELAS X SEMESTER I DAN IMPLEMENTASINYA. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (756kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Bagaimana tingkat kelayakan bahan ajar kimia SMK kelas X semester I pokok bahasan Lambang unsur dan persamaan reaksi yang ada saat ini telah layak dan sesuai dengan standar isi yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) (2) Apakah bahan ajar kimia yang telah dikembangkan untuk SMK kelas X semester 1 pada pokok bahasan lambang unsur dan persamaan reaksi telah layak dan sesuai dengan standar isi yang di tetapkan oleh BSNP (3) Apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan bahan ajar kimia yang telah dikembangkan lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa bahan ajar kimia yang telah dikembangkan (4) Apakah terdapat hubungan antara tumbuhkembangnya karakter dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan bahan ajar kimia yang telah dikembangkan. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Populasi penelitin adalah seluruh siswa kelas X SMK. Sampel dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Panyabungan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 72 orang yang diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahan ajar penerbit A dan B pada pokok bahasan lambang unsur dan persamaan reaksi berdasarkan standar BSNP sudah cukup valid. Namun, ada beberapa yang perlu dilakukan pengembangan. (2) Bahan ajar kimia lambang unsur dan persamaan reaksi yang dikembangkan untuk SMK kelas X semester I telah layak berdasarkan hasil standarisasi kelayakan isi sebesar 3.60, standarisasi kelayakan bahasa sebesar 3.73, standarisasi kelayakan penyajian sebesar 3.70, standarisasi kegrafikan sebesar 3.79 (3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan implementasi bahan ajar kimia yang telah dikembangkan lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa bahan ajar yang telah dikembangkan. (Sig.1-tailed < α (0,008 < 0,05)) (4) Terdapat hubungan antara karakter yang terkembang dengan hasil belajar kimia siswa SMK Kelas X semester I yang diajar dengan bahan ajar kimia lambang unsur dan persamaan reaksi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Bahan ajar; Persamaan reaksi; Lambang unsur kimia; Karakter; Inovasi; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:15
Last Modified: 22 Mar 2017 02:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23750

Actions (login required)

View Item
View Item