Wulandari, Lestari and Susilawati and Abdullah (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA NEGERI 2 TAMBANG. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (790kB) | Preview
Abstract
Penelitian penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here telah dilaksanakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 2 Tambang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest. Sampel terdiri dari kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan X5 sebagai kelas kontrol yang telah dipilih secara acak setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here sedangkan kelas kontrol tidak diberi penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here. Teknik analisis data menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung>ttabel (2,79>1,68) yang artinya penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 2 Tambang. Besar rata-rata gain ternormalisasi (N-gain) prestasi belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,77 yang termasuk kategori tinggi.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Hidrokarbon; Prestasi belajar; Strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 05:11 |
Last Modified: | 22 Mar 2017 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23736 |