PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA NEGERI 2 TAMBANG

Wulandari, Lestari and Susilawati and Abdullah (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA NEGERI 2 TAMBANG. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (790kB) | Preview

Abstract

Penelitian penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here telah dilaksanakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 2 Tambang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest. Sampel terdiri dari kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan X5 sebagai kelas kontrol yang telah dipilih secara acak setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here sedangkan kelas kontrol tidak diberi penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here. Teknik analisis data menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung>ttabel (2,79>1,68) yang artinya penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 2 Tambang. Besar rata-rata gain ternormalisasi (N-gain) prestasi belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,77 yang termasuk kategori tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Hidrokarbon; Prestasi belajar; Strategi pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 05:11
Last Modified: 22 Mar 2017 01:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23736

Actions (login required)

View Item
View Item