PENERAPAN MEDIA PUZZLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA TOPIK RUMUS KIMIA

Agustina, Khalida (2016) PENERAPAN MEDIA PUZZLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA TOPIK RUMUS KIMIA. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (754kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar siswa pada topik rumus kimia yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media puzzle dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah tanpa menggunakan media puzzle (2) Apakah aktifitas belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar kimia pada topik rumus kimia melalui pembelajaran berbasis masalah menggunakan media puzzle? (3) perbedaan peningkatan aktifitas belajar kimia melalui model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media puzzle dibandingkan siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah tanpa menggunakan media puzzle. Sampel dipilih acak dari 200 siswa, 38 siswa kelas eksperimen dan 38 siswa kelas kontrol. Data diolah dengan ANOVA dan analisa dengan uji Independen T-tes dan Regresi Linier. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Hasil belajar kimia siswa pada topik rumus kimia meningkat signifikan dari rata-rata gain hasil belajar 0,41 dengan pembelajaran berbasis masalah tanpa media puzzle menjadi 0,58 dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media puzzle. (2) Aktifitas siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kimia pada topik rumus kimia dengan pembelajaran berbasis masalah menggunakan media puzzle sebesar 57,4%. (3) Aktifitas belajar meningkat signifikan dari rata-rata skor aktifitas belajar 222,89 pada pembelajaran berbasis masalah tanpa media puzzle menjadi 246,50 dengan pembelajaran berbasis masalah menggunakan media puzzle.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Puzzle; Media pembelajaran; Model pembelajaran; Aktivitas pembelajaran; Rumus kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 05:07
Last Modified: 22 Mar 2017 01:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23733

Actions (login required)

View Item
View Item