Atmaja, Gaung and Silalahi, Albinus (2016) HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING DAN DRILL DI SMA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (808kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Kimia Siswa yang Menggunakan Metode Snowball Throwing dan Drill di SMA Pokok Bahasan Koloid. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian two group pre-tes dan pos-tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester I SMA Negeri 1 Pancurbatu T.P. 2013/2014 yang berjumlah 180 siswa dan terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan dengan cara cluster random sampling, yaitu kelas XI1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI5 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing kelas berjumlah 33 dan 31 siswa. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji z. Dari analisa data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 62,6 dengan standar deviasi 44 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 55,6 dengan standar deviasi 44. Berdasarkan uji beda nyata dengan uji statistik z dapat disimpulkan bahwa hasil pretest lebih kecil dari hasil posttest pada tingkat signifikan 5%. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 88,1 dengan standar deviasi 24 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 75,61 dengan standar deviasi 28. Berdasarkan uji beda nyata dengan uji statistik z dapat disimpulkan bahwa hasil post test lebih besar dari hasil pretest pada tingkat signifikan 5%. Dari ke dua hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Snowball Throwing dengan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Koloid; Metode pembelajaran; Metode drill; Snowball throwing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 05:01 |
Last Modified: | 22 Mar 2017 01:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23728 |