Darmana, Ayi and Batubara, Manaon (2016) KELAYAKAN BAHAN AJAR KIMIA-TAUHID BERDASARKAN KRITERIA BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (BSNP) DAN RESPON SISWA. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (882kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Menguji kelayakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai tauhid (kimia- tauhid) berdasarkan kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP); (2) Mengetahui respon siswa terhadap uji coba bahan ajar kimia-tauhid. Uji kelayakan BSNP meliputi aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian; dan kegrafikan. Menggunakan instrumen lembar validasi BSNP yang terdiri dari 4 skala penilaian. Skala : 1 (sangat tidak setuju); 2 (tidak setuju); 3(setuju); 4(sangat setuju). Melibatkan 5 validator (2 guru MAN, 2 guru SMA Islam dan 1 orang dosen). Data respon siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar kimia-tauhid di 4 sekolah (3 SMA islam, 1 MAN). Hasil menunjukkan : (1) Skor rata-rata dari lima validator adalah 3,64 (skor maksimum 4) dengan masing-masing untuk aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian dan kegrafikan berturut-turut 3,75; 3,79; 3,52; dan 3,49; (2) Respon siswa terhadap bahan ajar kimia-tauhid sangat positif dengan perolehan nilai rata-rata 88,8 (nilai maksimum 100). Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar kimia-tauhid adalah sangat layak untuk digunakan di sekolah yang berbasis islam.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Bahan ajar; Kimia-tauhid; Respon; Standar nasional pendidikan; Menguji kelayakan |
Subjects: | L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 04:43 |
Last Modified: | 21 Mar 2017 10:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23717 |