Ramadani, Atika and Holiwarni, Betty and Haryati, Sri (2016) PENERAPAN TEKNIK PROBING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMAN 3 PEKANBARU. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (818kB) | Preview
Abstract
Penelitian penerapan teknik probing telah dilaksanakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan di Kelas XI SMA Negeri 3 Pekanbaru. Bentuk penelitian adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest. Sampel terdiri dari kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang telah dipilih secara acak kemudian dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penerapan teknik probing sedangkan kelas kontrol tidak diberi penerapan teknik probing. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung>ttabel (5,64> 1,67) yang artinya penerapan teknik probing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan di kelas XI SMA Negeri 3 Pekanbaru. Kategori peningkatan prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen termasuk kategori tinggi dengan Gain ternormalisasinya sebesar 0,71.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Teknik probing; Prestasi belajar; Kelarutan; Hasil kali kelarutan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 04:41 |
Last Modified: | 21 Mar 2017 09:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23716 |