Sihombing, Junita (2017) FENOMENA PENDIDIKAN PEREMPUAN SUKU BANJAR DALAM KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA DI DESA PALUH MANAN KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 3132122006 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2.NIM. 3132122006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
3. NIM. 1.NIM. 3132122006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
3. NIM. 1.NIM. 3132122006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM. 1.NIM. 3132122006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
5. NIM. 1.NIM. 3132122006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 1.NIM. 3132122006 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 1.NIM. 3132122006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
11. NIM. 1.NIM. 3132122006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
12. NIM. 1.NIM. 3132122006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena pendidikan perempuan
suku Banjar, mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya
pendidikan perempuan suku Banjar. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk
mendeskripsikan pengetahuan perempuan dan masyarakat terhadap pendidikan
anak perempuan suku Banjar di Desa Paluh Manan Kecamatan Hamparan Perak
Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan etnografi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah
observasi partisipan dengan turut mengamati aktivitas perempuan suku Banjar,
wawancara secara mendalam (depth interview) kepada perempuan suku Banjar
yang mengalami putus sekolah, orangtua yang memiliki anak perempuan putus
sekolah, kepala desa yang mengetahui kondisi pendidikan perempuan suku
Banjar, tokoh masyarakat yang mengetahui kehidupan sosial budaya suku Banjar,
kepala sekolah dan guru disekolah yang mengetahui perkembangan pendidikan di
Desa Paluh Manan serta studi dokumentasi yang diperoleh secara tertulis maupun
lisan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi dan
teori belajar. Penelitian ini mendapatkan keterangan bahwa di era globalisasi ini
masih ditemui masyarakat yang memiliki pendidikan rendah khususnya
pendidikan perempuan suku Banjar di Desa Paluh Manan. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah fenomena pendidikan suku Banjar relatif rendah hal itu
terlihat dari sekitar ±70% perempuan tersebut putus sekolah yang menyebabkan
pola pikir mereka sulit untuk maju. Adapun faktor penyebab rendahnya
pendidikan suku Banjar di desa ini yaitu karena faktor lingkungan keluarga dan
tempat tinggal, faktor ekonomi keluarga yang tidak memadai, dan tradisi suku
Banjar itu sendiri yang masih dipegang teguh oleh mereka. Selain itu minimnya
pengetahuan perempuan dan masyarakat suku Banjar itu sendiri terhadap
pendidikan secara luas menjadikan mereka kurang antusias memperjuangkan
pendidikannya dan menganggap manfaat pendidikan itu hanya sebatas bisa baca
dan tulis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ANTRO 024 |
Keywords: | Fenomena, Pendidikan, Perempuan Suku Banjar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN301 Ethnology. Social and cultural anthropology G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN357 Culture and cultural processes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Mar 2017 05:03 |
Last Modified: | 13 Mar 2017 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23686 |