Simanjuntak, Tantri Fitra (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX SMP N.1 SIEMPAT NEMPU T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1cover.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2lembar pengesahan scan.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3abstrak.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
6DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
10BAB I.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
14BAB V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
15DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan kreativitas siswa pada materi bangun
ruang sisi lengkung dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair
sharedi kelas IX SMP N.1 Siempat Nempu tahun ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (clasroom actionresearch).
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX 3 SMP N.1 Simpat nempu, dairi pada semester ganjil
tahun jaran 2016/2017 . subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX 3 SMP N 1
SIMPAT nempu,yang berjumlah 28 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah
peningkatan kreativitas siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di
kelas IX 3 SMP N 1 Siempat Nempu tahun ajaran 2016/2017
Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Tes
digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa pada materi bangun ruang sisi
lengkung saat dilakukan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, danlembar
observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar dan kreativitas siswa pada saat
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran mengalami peningkatan, dimana
berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran untuk siklus I yaitu 2,5 sudah berada pada
kategori baik dan pada siklus II hasil observasi proses pembelajaran yaitu 3,11 berada pada
kategori sangat baik. Berdasarkan hasil observasi kreativitas juga mengalami peningkatan,
dimana pada siklus I yaitu 1.46 berada pada kategori sangat buruk dan pada siklus II menjadi
2,88 sudah berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil tes juga mengalami peningkatan
dimana pada tes kemampuan awal persentase ketuntasan hanya 20%(4 orang siswa) dengan
rata-rata 50,4, pada siklus I meningkat menjadi 64 %(18 orang siswa) dengan rata-rata 65.7
dan pada siklus II menjadi 89%(25 orang siswa) dengan nilai rata-ata 86,7 dan sudah
memenuhhi persentase ketuntasan klasikal (PKK) yaitu ( ). Dari hasil tes
penelitiantersebut diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS (think pair
share) dapat meningkatkan kreativitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 050 |
Keywords: | Model pembelajaran, Bangun Ruang, Sisi Lengkung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 04:31 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23649 |