Hutagalung, Heriyawan (2017) KESANTUNAN BERBAHASA DALAM DISKUSI DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA SISWA SMA NEGERI 1 SIBOLGA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136191006 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM 8136191006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
3. NIM 8136191006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM 8136191006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. NIM 8136191006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
6. NIM 8136191006 TABLES.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
7. NIM 8136191006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. NIM 8136191006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 8136191006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. NIM 8136191006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM 8136191006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan prinsip kesantunan yang digunakan dalam diskusi, (2) mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam diskusi berdasarkan prinsip kesantunan, (3) mendeskripsikan prinsip kesantunan dalam diskusi, (4) relevansi prinsip kesantunan dalam diskusi pada pembelajaran bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini merupakan diskusi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sibolga. Tahapan analisis menggunakan rekaman, lalu ditranskipsikan, kemudian dikelompok menurut jenisnya. Setelah itu, data dipaparkan kemudian mengambil kesimpulan akhir. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa prinsip kesantunan yang digunakan dalam diskusi pada pembelajaran bahasa indonesia khususnya pada kelas X.1, X.3, X.7 SMA Negeri 1 Sibolga terdapat 94 tuturan. Yang terdiri dari maksim kearifan sebanyak 27 tuturan, maksim kedermawanan sebanyak 5 tuturan, maksim pujian sebanyak 8 tuturan, maksim kesepakatan sebanyak 36 tuturan, dan maksim pujian sebanyak 3 tuturan. Kesantunan berbahasa dalam diskusi pada pembelajaran bahasa indonesia masih tergolong kurang santun. Prinsip kesantunan digunakan untuk mengetahui tingkat kesantunan siswa dalam diskusi. Prinsip kesantunan dalam diskusi memiliki relevansi pada pembelajaran bahasa, dengan menerapkan prinsip kesantunan dalam pembelajaran bahasa siswa akan lebih santun dalam berbicara.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 2 Hut k |
Keywords: | Pragmatik; Kerja sama; Kesantunan; Diskusi; Pembelajaran bahasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 08:22 |
Last Modified: | 07 Mar 2017 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23616 |