Azmi, Aina Maulia (2010) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACAKAN PUISI OLEH SISWA SMP NEGERI 1 JORLANGHATARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.
COMPER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
abstarkvirgo 1.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang dibaca dengan menggunakan teknik skrip kooperatif dan teknik ekspositori. Teknik pembelajaran mana yang lebih efektif antara teknik skrip kooperatif dan teknik ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang dibaca.
Lokasi penelitian ini adalah MTS-Husayeni Pangkalan Brandan Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi adalah siswa kelas VII MTS-Husayeni yang berjumlah ... orang. Dari populasi ditetapkan sampel sebanyak 80 orang, yakni kelas VII-1 dan VII-2 masing-masing 40 orang. Kemudian kelas VII-1 ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelompok kontrol.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrumen penelitian tes kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang dibaca yang diujikan sebanyak 1 (satu) kali. Harga skor variabel X (kelompok eksperimen) dan variabel Y (kelompok kontrol) diperbandingkan satu sama lain dengan menggunakan uji “t”.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kemampuan untuk menceritakan kembali cerita anak yang dibaca menggunakan teknik skrip kooperatif memperoleh nilai rata-rata 81,75 sedangkan teknik ekspositori memperoleh nilai rata-rata 72,64.
Hasil perhitungan uji “t” diperoleh nilai to = 4,85 kemudian dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% dengan dk = (N1 + N2) – 2 diperoleh bahwa to lebih besar dari ttabel yaitu 1,99<4,85> 2,64 sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hal ini berati bahwa teknik skrip kooperatif lebih baik dibandingkan dengan teknik ekspositori dalam meningkatkan kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang dibaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2010 IND |
Keywords: | Pembelajaran Ekspositori,Cerita Anak,Menceritakan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Mar 2017 07:06 |
Last Modified: | 06 Mar 2017 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23585 |