Yuhdi, Achmad (2010) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PROGRAM MACROMEDIA FLASH CS3 TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN REMAJA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 41 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.
COMPER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
ABSRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
BAB IV.pdf - Published Version
Download (790kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Efektivitas Model pembelajaran berbasis komputer program macromedia flash Cs3 Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Remaja Siswa Kelas IX SMP Negeri 41 Medan Tahun Pembelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 240 orang dan yang menjadi sampel pada penelitian ini sebanyak 60 orang yaitu sampel yang sudah diacak. Sampel didapat dan dikelompokan menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Posttest Control Only Desain Group. Dengan desain tersebut akan dibandingkan hasil belajar menulis cerpen remaja siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis komputer program Macromedia Flash Cs3 dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis media cetak.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar menulis cerpen remaja siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis komputer program Macromedia Flas Cs3 dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis media cetak.
Data penelitian ini dianalisis dengan statistik ”t”. Setelah nilai thitung diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf 5% dengan df = (N1+N2)-2 = (30+30)-2 = 58. Pada tabel t taraf signifikansi 5% = 1,67 Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,78 > 1,67, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti pembelajaran menulis cerpen remaja lebih efektif menggunakan model pembelajaran berbasis komputer program macromedia flash Cs3 dibandingkan model pembelajaran berbasis media cetak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2010 IND |
Keywords: | Menulis, Komputer,Macromedia Flash Cs3 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Mar 2017 06:35 |
Last Modified: | 06 Mar 2017 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23583 |