Siregar, Purnama Dewi (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 107400 BANDAR KHALIFAH TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1101111018 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 110111018 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM 110111018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 110111018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM 110111018 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 110111018 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 110111018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 1101111018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
12. NIM 110111018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
13. NIM 110111018 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada materi FPB dan KPK dengan menggunakan model pembelajaran Creative Learning di kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalifah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan tes untuk siswa, lembar observasi untuk siswa dan lembar observasi untuk guru yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mempelajari FPB dan KPK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD negeri 107400 Bandar Khalifah yang berjumlah 30 orang.
Berdasarkan hasil pre tes yang diperoleh, 25 orang (83,33%) yang mendapat hasil belajar rendah (tidak tuntas) dan sebanyak 5 orang (16,67%) yang termasuk dalam kategori tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata sebesar 54,89. Sedangkan setelah pelaksanaan model pembelajaran creative learning diperoleh peningkatan pada proses pembelajaran pada proses pembelajaran maupun pada hasil belajar siswa. Namun kegiatan pembelajaran pada siklus I masih kurang baik. Pada hasil tes siklus I 13 orang (43,33%) siswa yang tuntas dan 17 orang siswa (56,67%) siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 64,89. Pada hasil tes siklus II terjadi peningkatan yang sangat baik dimana 2 orang siswa (6,67%) yang tidak tuntas, sedangkan 28 orang (93,33%) siswa yang termasuk kedalam kategori tuntas dengan nilai rata-rata adalah 81,78. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran creative learning pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalifah Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 006 |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Creative learning; Materi ajar; Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Mar 2017 03:58 |
Last Modified: | 06 Mar 2017 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23581 |